Selasa, 09 November 2010

Environmentalism

EnvironmentalismeDari Wikipedia, ensiklopedia bebasLangsung ke: navigasi, cariBlue Marble bersejarah foto. Environmentalisme merupakan keprihatinan untuk planet secara keseluruhan.
Environmentalisme adalah filosofi dan gerakan sosial yang luas tentang masalah untuk konservasi lingkungan dan peningkatan keadaan lingkungan. Lingkungan hidup dan masalah lingkungan sering diwakili oleh warna hijau. [1]Isi[Hide]

    
* 1 ENVIROMENTALISME sebagai gerakan sosial
    
* 2 Sejarah
          
o 2.1 Asal dari gerakan lingkungan modern
    
* 3 gerakan Lingkungan
    
* 4 Pasar bebas environmentalisme
    
* 5 Pelestarian dan konservasi
    
* 6 Lingkungan organisasi dan konferensi
    
* 7 Kritik
    
* 8 Lihat juga
    
* 9 Referensi
    
* Membaca 10 lebih lanjut
    
* 11 Pranala luar
[Sunting] ENVIROMENTALISME sebagai gerakan sosial
Environmentalisme juga dapat dilihat sebagai sebuah gerakan sosial yang berusaha untuk mempengaruhi proses politik dengan melobi, aktivisme, dan pendidikan dalam rangka melindungi sumber daya alam dan ekosistem. Sebuah lingkungan adalah orang yang bisa berbicara tentang lingkungan alam dan pengelolaan berkelanjutan sumber daya melalui perubahan kebijakan publik atau perilaku individu oleh praktek pendukung seperti tidak boros. Dalam berbagai cara (misalnya, akar rumput aktivisme dan protes), lingkungan dan organisasi lingkungan hidup berusaha untuk memberikan alam suara kuat dalam urusan manusia. [2][Sunting] SejarahArtikel utama: Garis waktu sejarah environmentalismakurasi faktual adalah bagian ini diperdebatkan. Silakan lihat diskusi yang relevan pada halaman pembicaraan. (Juni 2010)
Perhatian untuk perlindungan lingkungan telah terulang dalam bentuk beragam, di berbagai belahan dunia, sepanjang sejarah. Misalnya, di Timur Tengah, tulisan-tulisan awal dikenal peduli dengan pencemaran lingkungan adalah risalah Arab medis ditulis selama "Revolusi Arab Pertanian", oleh para penulis seperti Alkindus, Costa ben Luca, Rhazes, Ibnu Al-Jazzar, al-Tamimi, al-Masihi, Avicenna, Ali ibn Ridwan, Ishak Israel ben Solomon, Abd-el-latif, dan Ibn al-Nafis. Mereka prihatin dengan pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, penanganan limbah padat, dan penilaian lingkungan lokalitas tertentu. [3] [4] [verifikasi diperlukan]
Di Eropa, Raja Edward I dari Inggris melarang pembakaran laut batubara oleh proklamasi di London pada 1272, setelah asap yang telah menjadi masalah [5] [6] BBM itu sangat umum di Inggris bahwa ini awal dari nama-nama untuk itu. diakuisisi karena bisa mengangkut jauh dari beberapa pantai dengan gerobak dorong. Polusi udara akan terus menjadi masalah di Inggris, terutama kemudian selama Revolusi Industri, dan memperluas ke masa lalu dengan Smog Besar 1952.[Sunting] Asal dari gerakan lingkungan modern
Di Eropa, Revolusi Industri menimbulkan pencemaran lingkungan modern seperti yang umum dipahami saat ini. Munculnya pabrik-pabrik besar dan konsumsi dalam jumlah besar batubara dan bahan bakar fosil lainnya menimbulkan polusi udara belum pernah terjadi sebelumnya dan volume besar pembuangan bahan kimia industri menambah beban pertumbuhan limbah manusia yang tidak diobati. [7] Yang pertama skala besar, modern hukum lingkungan datang dalam bentuk Alkali Inggris Kisah Para Rasul, yang disahkan pada 1863, untuk mengatur polusi udara merugikan (asam klorida gas) yang dilepaskan oleh proses Leblanc, digunakan untuk menghasilkan abu soda. Environmentalisme tumbuh dari gerakan kemudahan, yang merupakan reaksi terhadap industrialisasi, pertumbuhan kota, dan udara memburuk dan pencemaran air.
Di Inggris Victoria, sebuah awal "Kembali-ke-Alam" gerakan yang environmentalisme modern diantisipasi adalah dianjurkan oleh intelektual seperti John Ruskin, William Morris dan Edward Carpenter, yang semuanya melawan konsumerisme, polusi dan kegiatan lain yang berbahaya bagi alam . [8] Ide-ide mereka juga terinspirasi kelompok proto-berbagai lingkungan di Inggris, seperti Commons Preservation Society, Masyarakat Kyrle, Royal Society untuk Perlindungan Burung dan gerakan kota Garden, serta mendorong Liga Sosialis dan Gerakan Clarion untuk mendukung tindakan konservasi alam. [9]
Di Amerika Serikat, awal dari suatu gerakan lingkungan dapat ditelusuri sejauh 1739, meskipun tidak disebut lingkungan hidup dan masih dianggap konservasi sampai tahun 1950. Benjamin Franklin dan lainnya Philadelphia warga, mengutip "hak publik," mengajukan petisi kepada Majelis Pennsylvania untuk menghentikan pembuangan limbah dan menghapus penyamakan kulit dari kawasan komersial Philadelphia. AS gerakan diperluas pada 1800-an, dari kekhawatiran untuk melindungi sumber daya alam dari Barat, dengan individu-individu seperti John Muir dan Henry David Thoreau memberikan kontribusi filosofis kunci. Thoreau tertarik dalam hubungan masyarakat dengan alam dan mempelajari ini dengan hidup dekat dengan alam dalam kehidupan sederhana. Ia menerbitkan pengalamannya dalam buku Walden, yang berpendapat bahwa orang harus menjadi erat dekat dengan alam. Muir datang untuk percaya pada hak yang melekat alam, khususnya setelah menghabiskan waktu hiking di Yosemite Valley dan mempelajari baik ekologi dan geologi. Ia berhasil melobi kongres untuk membentuk Yosemite National Park dan melanjutkan untuk mengatur Sierra Club. Prinsip-prinsip konservasionis serta keyakinan dalam hak yang melekat pada alam adalah untuk menjadi fondasi dari environmentalisme modern.
Pada abad ke-20, ide-ide lingkungan terus tumbuh dalam popularitas dan pengakuan. Upaya itu mulai dilakukan untuk menyelamatkan beberapa satwa liar, terutama Bison Amerika. Kematian dari Pigeon Penumpang terakhir serta membahayakan dari Bison Amerika membantu memfokuskan pikiran konservasionis dan mempopulerkan keprihatinan mereka. Pada tahun 1916 National Park Service didirikan oleh Presiden AS Woodrow Wilson.
Pada tahun 1949, A Sand County Almanac Aldo Leopold oleh diterbitkan. Ini menjelaskan keyakinan Leopold bahwa umat manusia harus memiliki rasa hormat moral bagi lingkungan dan bahwa itu tidak etis untuk membahayakannya. Buku ini kadang-kadang disebut buku yang paling berpengaruh pada konservasi.
Sepanjang tahun 1950,, tahun 1960-an 1970-an dan seterusnya, fotografi digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlunya melindungi tanah dan merekrut anggota organisasi lingkungan. David Brower, Ansel Adams dan Nancy Newhall menciptakan Sierra Club Bukti Format Series, yang membantu meningkatkan kesadaran lingkungan hidup masyarakat dan membawa banjir yang meningkat pesat anggota baru ke Sierra Club dan gerakan lingkungan pada umumnya. "This Is Dinosaur" disunting oleh Wallace Stegner dengan foto-foto oleh Martin Litton dan Philip Hyde mencegah pembangunan bendungan di Monumen Nasional Dinosaurus dengan menjadi bagian dari jenis baru yang disebut environmentalism aktivisme yang menggabungkan cita-cita pelestarian dari Thoreau, Leopold dan Muir dengan keras -memukul iklan, lobi, distribusi buku, kampanye menulis surat, dan banyak lagi. Penggunaan yang kuat fotografi di samping kata ditulis untuk konservasi tanggal kembali ke penciptaan Yosemite National Park, ketika foto yakin Abraham Lincoln untuk melestarikan gletser indah diukir lanskap untuk sepanjang masa. The Sierra Club Bukti Format Seri galvanis oposisi publik untuk bendungan bangunan di Grand Canyon dan dilindungi banyak harta nasional lainnya. The Sierra Club sering memimpin koalisi kelompok lingkungan banyak termasuk Wilderness Society dan banyak lainnya. Setelah fokus pada menjaga padang gurun pada 1950-an dan 1960-an, Sierra Club dan kelompok lainnya memperluas fokus mereka untuk memasukkan isu-isu seperti polusi udara dan air, pengendalian populasi, dan membatasi eksploitasi sumber daya alam.
Pada tahun 1962, Silent Spring oleh ahli biologi Amerika Rachel Carson diterbitkan. Buku katalog dampak lingkungan dari sembarangan penyemprotan DDT di Amerika Serikat dan mempertanyakan logika melepaskan sejumlah besar bahan kimia ke lingkungan tanpa sepenuhnya memahami pengaruhnya terhadap ekologi atau kesehatan manusia. Buku ini menunjukkan bahwa DDT dan pestisida lain dapat menyebabkan kanker dan bahwa penggunaan pertanian mereka merupakan ancaman bagi satwa liar, terutama burung. [10] Perhatian publik yang mengarah pada penciptaan Amerika Serikat Environmental Protection Agency pada tahun 1970 yang kemudian melarang pertanian penggunaan DDT di Amerika Serikat pada 1972. Penggunaan DDT terbatas dalam pengendalian penyakit vektor berlanjut hingga hari ini di bagian-bagian tertentu dari dunia dan masih kontroversial. warisan buku ini adalah untuk menghasilkan kesadaran yang jauh lebih besar isu-isu lingkungan dan bunga menjadi bagaimana orang mempengaruhi lingkungan. Dengan minat baru di lingkungan datang bunga dalam masalah seperti polusi udara dan tumpahan minyak bumi, dan kepentingan lingkungan tumbuh. kelompok penekan baru terbentuk, terutama Greenpeace dan Friends of the Earth.
Pada 1970-an, gerakan Chipko dibentuk di India; dipengaruhi oleh Mohandas Gandhi, mereka mendirikan perlawanan damai untuk deforestasi harfiah pohon berpelukan (yang mengarah ke "pencinta lingkungan pohon" panjang). cara-cara damai mereka protes dan slogan "ekologi adalah ekonomi tetap" sangat berpengaruh.
Pada pertengahan 1970-an, banyak orang merasa bahwa orang-orang di tepi bencana lingkungan. Kembali-ke-gerakan tanah-mulai bentuk dan ide-ide etika lingkungan bergabung dengan sentimen anti-Perang Vietnam dan isu-isu politik lainnya. Orang-orang ini tinggal di luar masyarakat normal dan mulai mengambil beberapa teori lingkungan yang lebih radikal seperti ekologi dalam. Sekitar waktu ini lebih utama environmentalisme mulai menunjukkan kekuatan dengan penandatanganan Endangered Species Act pada tahun 1973 dan pembentukan CITES pada tahun 1975.
Pada tahun 1979, James Lovelock, ilmuwan NASA mantan, diterbitkan Gaia: Sebuah tampilan baru pada kehidupan di Bumi, yang diajukan Hipotesis Gaia, ini menyatakan bahwa kehidupan di Bumi dapat dipahami sebagai sebuah organisme tunggal. Ini menjadi bagian penting dari ideologi Green Deep. Sepanjang sisa sejarah environmentalism telah terjadi perdebatan dan argumen antara pengikut radikal lebih dari ini ideologi Green Deep dan lingkungan lebih utama.
Environmentalisme juga berubah untuk menangani isu-isu baru seperti pemanasan global dan rekayasa genetika.[Sunting] Gerakan LingkunganArtikel utama: Gerakan Lingkungan Hidup
Gerakan lingkungan (sebuah istilah yang kadang-kadang mencakup konservasi dan gerakan hijau) adalah sebuah gerakan beragam ilmiah, sosial, dan politik. Secara umum, lingkungan mendukung pengelolaan berkelanjutan sumber daya, dan perlindungan (dan restorasi, bila perlu) dari lingkungan alam melalui perubahan kebijakan publik dan perilaku individu. Dalam pengakuan kemanusiaan sebagai peserta dalam ekosistem, gerakan ini berpusat di sekitar ekologi, kesehatan, dan hak asasi manusia. Meskipun gerakan ini diwakili oleh berbagai organisasi, karena masuknya environmentalism dalam kurikulum kelas, [11] [12] gerakan lingkungan memiliki demografis lebih muda daripada yang umum dalam gerakan sosial lainnya (lihat lansia hijau).
Environmentalisme sebagai sebuah gerakan mencakup wilayah luas penindasan institusional. Contoh penindasan ini adalah: konsumsi ekosistem dan sumber daya alam menjadi limbah, pembuangan sampah menjadi masyarakat yang kurang beruntung, polusi udara, pencemaran air, infrastruktur yang lemah, paparan kehidupan organik racun, monokultur, dan berbagai lainnya berfokus. Karena divisi ini, gerakan lingkungan dapat dikategorikan menjadi fokus utama ini: Ilmu Lingkungan, Lingkungan Aktivisme, Advokasi Lingkungan, dan Environmental Justice.[Sunting] environmentalisme pasar bebasArtikel utama: Free-pasar environmentalisme
environmentalisme pasar bebas adalah sebuah teori yang berpendapat bahwa pasar bebas, hak milik, dan hukum tort menyediakan alat terbaik untuk menjaga kesehatan dan keberlanjutan lingkungan. Menganggap pelayanan lingkungan hidup yang akan alam, serta pengusiran polusi dan agresor lainnya melalui aksi individu dan kelas.[Sunting] Pelestarian dan konservasi
pelestarian lingkungan di Amerika Serikat dilihat sebagai pengaturan ke samping sumber daya alam untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kontak dengan manusia atau oleh kegiatan manusia tertentu, seperti penebangan berburu,, pertambangan, dan perikanan, hanya untuk menggantikan mereka dengan aktivitas manusia baru seperti pariwisata dan rekreasi. [13] Peraturan dan hukum dapat ditetapkan untuk pelestarian sumber daya alam.[Sunting] Organisasi lingkungan dan konferensiArtikel utama: Daftar organisasi lingkungan
organisasi lingkungan dapat bersifat global, regional, nasional atau lokal, bisa dikelola pemerintah atau swasta (LSM). Kegiatan Environmentalis ada di hampir setiap negara. Selain itu, kelompok yang didedikasikan untuk pengembangan masyarakat dan keadilan sosial juga fokus pada masalah-masalah lingkungan.
Ada beberapa organisasi relawan. Misalnya Ecoworld, yaitu sekitar lingkungan dan berbasis di kerja tim dan pekerjaan sukarela. Beberapa AS lingkungan organisasi, di antaranya Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam dan Environmental Defense Fund, mengkhususkan diri pada tuntutan hukum membawa (taktik dilihat sebagai sangat berguna di negara itu). Kelompok lain, seperti Margasatwa Nasional yang berbasis di AS Federasi, Nature Conservancy, dan The Wilderness Society, dan kelompok-kelompok global seperti World Wide Fund for Nature dan Friends of the Earth, menyebarkan informasi, berpartisipasi dalam dengar pendapat publik, lobi, demonstrasi panggung , dan mungkin membeli tanah untuk pengawetan. Kelompok kecil, termasuk Wildlife Conservation International, melakukan penelitian terhadap spesies langka dan ekosistem. organisasi yang lebih radikal, seperti Greenpeace, Earth First!, dan bumi Liberation Front, memiliki lebih langsung menentang tindakan mereka anggap sebagai lingkungan berbahaya. Sementara Greenpeace dikhususkan untuk konfrontasi kekerasan sebagai sarana saksi untuk kesalahan lingkungan dan isu membawa ke dalam wilayah publik untuk debat, Bumi Front Pembebasan tanah terlibat dalam penghancuran klandestin properti, pelepasan hewan dikurung atau ditulis, dan kriminal lainnya bertindak. taktik tersebut dianggap sebagai tidak biasa di dalam gerakan, namun.
Pada tingkat internasional, kepedulian terhadap lingkungan adalah subyek konferensi PBB di Stockholm pada tahun 1972, dihadiri oleh 114 negara. Dari pertemuan ini dikembangkan UNEP (United Nations Environment Programme) dan tindak lanjut Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan pada tahun 1992. organisasi internasional lain dalam mendukung pengembangan kebijakan lingkungan meliputi Komisi Kerjasama Lingkungan (NAFTA), European Environment Agency (EEA), dan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC).[Sunting] Kritik
Kritik terhadap environmentalism jatuh ke dalam dua kategori utama: skeptisisme lingkungan dan anti-environmentalisme. skeptis lingkungan, seperti Bjørn Lomborg (penulis The Skeptical Environmentalis) sengketa klaim dari lingkungan, mengklaim mereka juga tidak akurat atau dilebih-lebihkan. Mereka sering, meskipun tidak selalu, dikaitkan dengan organisasi dengan kepentingan komersial untuk terus mengeksploitasi sumber daya di planet ini. Anti-lingkungan, di sisi lain, banyak menerima klaim yang dibuat oleh lingkungan sekaligus menerima perubahan yang tidak bisa dihindari, tanpa sebab dan kecepatan. Mereka tidak menyangkal dampak kemanusiaan, tetapi mereka mengklaim sengketa bahwa manusia dapat membunuh planet ini, beberapa mengutip hidup miliar tahun sejarah sebagai bukti bahwa itu adalah jauh lebih tangguh dari lingkungan banyak memberikan kredit untuk.[Sunting] Lihat pulaPembangunan Berkelanjutan portalEnvironment portalIlmu bumi portalEkologi portal

    
* Konservasi etika
    
* Konservasi gerakan
    
* Ekologi gerakan
    
* ENVIROMENTALISME dalam film dan televisi
    
Gerakan Lingkungan *
    
* ENVIROMENTALISME dalam musik
    
* Free-pasar environmentalisme
    
* Daftar topik lingkungan
    
* Positif environmentalisme
    
* Stewardship (teologi)
[Sunting] Referensi

   
1. ^ Cat Lincoln (Spring 2009). "ENVIROMENTALISME Green Light, Dark dan Bright". Harian hijau. http://www.greendaily.com/2009/04/23/light-dark-and-bright-green-environmentalism/. Diperoleh 2009/11/02.
   
2. ^ Gottlieb Robert, Memaksa Musim Semi: Transformasi Gerakan Lingkungan Hidup Amerika (2005)
   
3. ^ Gari, L. (November 2002). "Risalah Arab pada Pencemaran Lingkungan sampai dengan Akhir Thirteenth Century". Lingkungan dan Sejarah (White Tekan Horse) 8 (4): 475-488. DOI: 10.3197/096734002129342747. http://www.ingentaconnect.com/content/whp/eh/2002/00000008/00000004/art00005. Diperoleh 2008/12/02. "Makalah ini terbatas pada karya-karya yang berhubungan dengan pencemaran lingkungan sebagai penyebab penyakit seperti Mereka menanggung. Subyek seperti udara dan pencemaran air, limbah padat penanganan dan penilaian lingkungan lokalitas tertentu. Yang dibahas adalah risalah yang ditulis oleh (1) al -Kindi, (2) Qusta b. Luqa, (3) al-Razi, (4) Ibn al-Jazzar, (5) al-Tamimi, (6) Abu Sahl al-Masihi, (7) Ibnu Sina, (8 ) b. Ali Ridwan, (9) Jumay Ibnu ', (10) Ya'qub al-Isra'ili, (11) Abdullatif al-Baghdadi, (12) Ibn al-Quff dan (13) Ibn al-Nafis. " .
   
4. ^ Ilmu dan Islam oleh Ehsan Masood
   
5. ^ David Urbinato (Summer 1994). "Bersejarah 'Pea-Soupers' London". Amerika Serikat Badan Perlindungan Lingkungan. http://www.epa.gov/history/topics/perspect/london.htm. Diperoleh 2006/08/02.
   
6. ^ "Deadly Smog". PBS. 2003/01/17. http://www.pbs.org/now/science/smog.html. Diperoleh 2006/08/02.
   
7. ^ Fleming, James R.; Bethany R. Knorr. "Sejarah dari Undang-Undang Udara Bersih". American Meteorological Society. http://www.ametsoc.org/sloan/cleanair/. Diperoleh 2006/02/14.
   
8. ^ Gould, C. Peter (1988). Awal Politik Hijau, Brighton, Harvester Press, pgs. 15-19, dan Wall, Derek, (1994) Hijau Sejarah: A Reader. London, Routledge, pgs. 9-14.
   
9. ^ Gould, (1988) pgs. 16, 23-4,36-8,84-6.
  
10. ^ Carson, Rachel (1962). Silent Spring. Boston: Houghton Mifflin. ISBN 0809322188. [Halaman diperlukan]
  
11. ^ Craig Kridel (2010/02/16). Ensiklopedia Studi Kurikulum. Sage Publications, Inc p. 341. ISBN 978-1412958837. http://books.google.com/?id=GgMyFqxsXWoC&pg=PA341&dq=environmentalism dalam kurikulum kelas & q = environmentalisme dalam kurikulum kelas. Diperoleh 2010/04/16.
  
12. ^ Jennifer Sinsel (2010/04/15). "Kegiatan Hari Bumi". Pelajaran Planet. http://www.lessonplanet.com/directory_articles/elementary_science_lesson_plans/15_April_2010/360/earth_day_activities. Diperoleh 2010/04/16.
  
13. ^ Cunningham, William P.; et al. (1998). Lingkungan ensiklopedia. Gale Research. ISBN 081039314X.
[Sunting] Bacaan lebih lanjut

    
* Daynes, Byron W., dan Glen Sussman, eds. Gedung Putih Politik dan Lingkungan: Franklin D. Roosevelt untuk George W. Bush (Texas A & M University Press, 2010) 300 halaman; mengevaluasi bagaimana 12 presiden membantu atau menghambat penyebab perlindungan lingkungan.
    
* Hall, Yeremia. "Sejarah Gerakan Lingkungan". http://www.mtmultipleuse.org/endangered/esahistory.htm. Diperoleh 2006/11/25.
    
* Kovarik, William. "Timeline Sejarah Lingkungan". http://www.environmentalhistory.org/. Diperoleh 2006/11/25.
    
* Martell, Luke. "Ekologi dan Masyarakat: Sebuah Pengantar". Polity Press, 1994. http://www.sussex.ac.uk/Users/ssfa2/ecology.html.
    
* De Steiguer, J. Edward. 2006. Asal Usul Pemikiran Modern Lingkungan. University of Arizona Press. Tucson. 246 hlm
    
* John McCormick. 1995. Gerakan Lingkungan Global. John Wiley. London. 312 hlm
    
* Marco Verweij dan Michael Thompson (eds), 2006, Kikuk Solusi untuk Dunia Kompleks: Pemerintahan, Politik dan Persepsi Plural, Basingstoke: Palgrave Macmillan, ISBN 978-0230002302
    
* Bank Dunia, 2003, "Pembangunan Berkelanjutan di Dunia yang Dinamis: Transformasi Lembaga, Pertumbuhan, dan Kualitas Hidup", World Report Pembangunan 2003, Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan dan Oxford University Press.
    
* Keith M. Woodhouse. "Politik Ekologi: ENVIROMENTALISME dan Liberalisme di tahun 1960," Jurnal untuk Studi Radikalisme, Volume 2, Nomor 2, 2009, hlm 53-84

Tidak ada komentar:

Posting Komentar