Rabu, 10 November 2010

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal


Langsung ke: navigasi, cari
Masjid Istiqlal
Istiqlal Mosque Monas.jpg Masjid Istiqlal
Letak Jakarta, Indonesia
Afiliasi agama Islam
Situs Web http://www.masjidistiqlal.com
Deskripsi arsitektur
Arsitek Frederich Silaban
Jenis arsitektur Mesjid
Gaya arsitektur Frederich Silaban
Pembukaan tanah 24 Agustus 1951
Tahun selesai 22 Februari 1953
Biaya pembangunan 7 triyun rupiah (USD 12 jutawan)
Spesifikasi
Kapasitas 120,000
Kubah 2
Diameter kubah (luar) 45 m
Menara 1
Tinggi menara 90 m
Masjid Istiqlal adalah masjid yang terletak di pusat ibukota negara Republik Indonesia, Jakarta. Masjid ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Sukarno di mana pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban.
Lokasi masjid ini berada di timur laut lapangan Monumen Nasional (Monas). Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai. Masjid ini mempunyai kubah yang diameternya 45 meter. Masjid ini mampu menampung orang hingga lebih dari dua ratus ribu jamaah.
Foto pembangunan Masjid Istiqlal di tahun 1963 - 1980 dari koleksi Tropen Museum
Selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat Islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor Majelis Ulama Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum. Masjid ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang terkenal di Jakarta. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung umumnya wisatawan domestik, dan sebagian wisatawan asing yang beragama Islam. Tidak diketahui apakah umat non-Islam dapat berkunjung ke masjid ini.
Pada tiap hari besar Islam seperti Idul Fitri, Idul Adha dan Maulid Nabi Muhammad, presiden Republik Indonesia selalu mengadakan kegiatan keagamaan di masjid ini yang disiarkan secara langsung melalui televisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar